Sunday, July 23, 2006

Prosedur.. itu dibuat untuk ditaati..!!!!

Minggu, 23 07 2006. mungkin bakal jadi hari yang tak terlupakan dalam sejarahku mengerjakan TA ( tugas akhir). Pagi ini aku baru menyadari sebuah kesalahan yang sudah lama berlalu. Dalam peta geologi yang kubuat, penampang dan batas satuan juga penarikan sesar ( istilah geologi niy) ga bener semua. Penampang aku tarik dengan tidak memperhatikan skala, padahal skala petaku 1:5000, jadi sedikit berubah kelihatan banget. Batas satuan juga, hukum V, tidak begitu diperhatikan waktu narik2, ternyata dengan sekala 1:500 semuanya bisa jadi kacau.. banyak yang aku kerjakan selama ini mesti dibenerin lagi.

Penampang terutama, ini bagian terpenting dalam TAku. Aku mesti bikin penampang yang bener2 bener untuk bisa mengerjakan pemodelan dengan sandbox ( kotak pasir). Senen depan mungkin lewat, padahal dah berapa kali lewat ya.. ada beberapa penyesalan memang, (dan itu selalu diakhir ). Tapi masih beruntung aku sadar disaat seperti ini, bukan didepan dosen2 penguji yang sudah tidak mau tau apa yang kita lakuin dilapangan.

Aku malam tadi ngejalalin percobaan sandbox sampai jam3 pagi, baru paginya jam7.30 mungkin, aku mulai mengerjakan kembali mem-felspatik penampangku, disitu aku sadar klo ada yang sa;ah dengan penampangku. Benar aja, aku cek disana-sini, ada beberapa hal yang nggak cocok, dan setelah aku periksa lagi semua jadi ngaco dengan skala yang aku buat. Mungkin ini pelajaran untukku, biar nggak terlalu PD. Padahal aku juga nggak PD2 amat, banyak pusingnya malah. Yah itulah konsekuensi klo ga sesuai prosedur. Mungkin klo skala petaku gede, semua jadi tidak terlalu berpengaruh, dengan skala segitu semua jadi detil, semua jadi punya arti sendiri... Hal kecil yang orang biasa tak acuh, disini jadi sesuatu yang membuat aku harus lembur beberapa hari kedepan.

Semoga ini menjadi sebuah pelajaran untukku, untuk tidak mengesampingkan prosedur, dan hal-hal yang kecil sekalipun.


_astyka


0 Comments:

Post a Comment

<< Home